Warganet Ramai-ramai Pecahkan Misteri Hilangnya Sandiaga Uno | INDONESIA: Laporan topik-topik yang menjadi berita utama | DW | 18.04.2019
  1. Inhalt
  2. Navigation
  3. Weitere Inhalte
  4. Metanavigation
  5. Suche
  6. Choose from 30 Languages

Pilpres 2019

Warganet Ramai-ramai Pecahkan Misteri Hilangnya Sandiaga Uno

Ke mana Sandiaga Uno, Rabu (17/04) pascapencoblosan? Mengapa ia tidak muncul saat capres 02 Prabowo Subinato dua kali berpidato di hadapan publik pascapemilu presiden 2019? Warganet pun sempat mencoba berspekulasi.

Pascapencoblosan di TPS yang terletak di Kebayoran Baru, Sandiaga Uno terakhir kali terlihat resmi di depan publik. Setelahnya, calon wakil presiden nomor urut 02 itu lagi kelihatan.

Bahkan ketika Prabowo Subianto memberi pernyataan yang merespon hasil exit poll dan hitung cepat sejumlah lembaga survei yang berada di sekitar, capres nomor urut 02 itu justru didampingi petinggi BPN seperti Fadli Zon dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Asegaf Al-Jufri.

Sandiaga Uno baru muncul di jagad dunia sosial setelah lebih dari 24 jam pascapencoblosan. Kamis (18/04) pada pukul 1:24 WIB lewat akun twitternya @sandiuno, ia membenarkan bahwa dirinya sedang sakit dan mencuit telah dijenguk Prabowo Subianto.

#MisteriHilangnyaSandiagaUno

Namun sebelum Sandiaga Uno menggunggah cuitan pribadinya itu, netizen memborbardir sosial media dengan tagar #MisteriHilangnyaSandiagaUno.

Tagar ini dicuit sekitar 3,5 ribu kali dan isinya sebagian besar menduga-duga ke mana dan apa yang terjadi dengan cawapres nomor urut 02 itu.

Beberapa netizen membagi cuitan humoris. Alexander Adrian dan akun @i-use berguyon dengan mengaitkan Sandiaga dan para kaum ibu pendukungnya, sementara akun @senjataperang menyinggung tentang posisi Sandiaga sebagai wakil Anies Baswedan.

Spekulasi makin liar pun muncul saat tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi justru mengeluarkan pernyataan bahwa Sandi sedang tidak sehat dan cegukan tiada henti, seperti yang disoroti akun @riz-nr.

Ada yang beranggapan Sandiaga Uno tidak setuju dengan klaim yang dilontarkan pasangannya, sehingga memilih tidak tampil bersama Prabowo di hadapan publik.

Akun bernama Ray mencuit  Sandiaga sengaja mengindar demi menjaga citranya, sementara akun @ealy-val mempertanyakan informasi tentang Sandiaga berbeda pendapat dengan Prabowo terkait deklarasi.

Klaim menang 62 persen

Rabu (17/04), ketika Sandiaga tidak terlihat saat Prabowo Subianto berpidato, tim BPN mengatakan bahwa sebenarnya Sandiaga berada di kediaman Prabowo di Jl. Kertanegara.

"Pak Sandiaga itu dari sore dia nggak enak badan jadi sampai sekarang cegukan terus, itu sampai sekarang nggak putus-putus. Dia istirahat di dalam, " ujar Tim Sandiaga, Yuga Aden seperti dikutip dari Detik News.

Di saat bersamaan, Prabowo mendeklarasikan bahwa pasangan nomor urut 02 itu mendapat perolehan 62 persen berdasarkan exit poll internal di sekitar 300 ribu TPS.

ts/ae (Detik News, CNN Indonesia)